Cara Meningkatkan Situs Web untuk Bisnis

DIGITAL MEDIA PARTNERs http://id-networking.blogspot.com Copyright@2018 All Rights Reserved
Menembus Batas Online Marketing


Bab 4: Meningkatkan Kemampuan Visibilitas Online

Tingkat visibilitas berarti tingkat popularitas situs web anda di mata pengunjung. Maksudnya, dengan kemampuan visibilitas yang tinggi situs web anda akan terus hidup.

Kapanpun anda rehat dari urusan bisnis dan ingin kembali lagi aktif menjalankan bisnis, situs web anda masih tetap menjadi primadona. Situs web anda tidak akan dilupakan begitu saja oleh para pengunjung ataupun relasi online anda. Meski anda sudah lama tidak menelorkan produk-produk baru dan tidak memunculkan ide-ide segar. Lalu apa rahasianya? Promosi offline yang agresif! Atau, cara lainnya adalah dengan mengirimkan email non-stop. Dan, lakukan posting pesan secara konstan pada kelompok tertentu.

Selanjutnya, anda bisa memperbanyak links pada situs web yang menarik perhatian prospek anda.

Dan, yang terpenting adalah search engine tetap memajang situs web anda pada halaman pertama. Agar situs web anda selalu dilihat oleh semua pengunjung dan juga relasi anda. Mengemas ulang konten dan menyajikannya seperti baru juga sangat penting untuk menyegarkan ingatan prospek anda.

Berpromosi atau memasang iklan memang jauh lebih efektif jika dilakukan di dunia nyata. Bukan dunia maya. Karena yang akan melihat iklan anda jauh lebih besar, bukan hanya mereka yang sedang mengakses internet, tapi juga mereka yang bahkan tidak hobi menggunakan internet. Apalagi jika anda beriklan di koran. Prospek anda pasti mengira usaha anda konsisten dan stabil. Lebih bagus lagi jika anda kerap mengemas ulang tampilan dan gaya anda. Orang-orang tidak akan mengira anda pernah berlibur dan menjauh dari aktivitas bisnis anda. Bahkan, akan semakin banyak target pasar baru yang akan tertarik dengan situs web anda.

Selain cara di atas, anda bisa melakukan cara lain. Seperti menjadi host konferensi, menerbitkan tips atau online newsletter, dan menulis publikasi offline yang dibaca onliners.

Dan tidak cuma itu saja. Anda masih punya cara lain untuk menjaga ingatan pengunjung tentang keberadaan bisnis anda. Asalkan, anda betul-betul mewujudkan apa yang diinginkan pengunjung atas sebuah situs web dan produk internet. Contohnya, keamanan, kenyamanan, kecepatan, layanan memuaskan, informasi akurat, dan perhatian istimewa pada setiap pengunjung. Tawarkan pada mereka apa yang mereka cari.

Daftarkan situs web anda di semua direktori yang mungkin dikunjungi oleh calon pengunjung anda. Pikirkan semua direktori internasional tetapi jangan abaikan direktori local dan regional. Buatlah links sebanyak mungkin di halaman direktori. Tapi, sampai sejauh ini anda tidak boleh lupa, pengunjung akan terus mengingat situs web anda jika konten yang anda tawarkan benar-benar berharga di mata mereka.

Sekarang kita bicarakan promosi secara online. Tidak seperti promosi offline, promosi online berada di control anda sepenuhnya.

Contohnya, anda mengakses situs-situs promosi, situs layanai Pay Per Click seperti Google Adwords. Anda juga bisa mengecek di Google untuk menemukan adanya servis-servis online, gratis atau berbayar untuk mempromosikan situs web anda. Jadi anda tidak perlu bantuan orang lain untuk berpromosi.

Tetapi, apapun cara yang anda tempuh anda harus berhasil membuat situs web anda terkenal. Entah cara online ataupun offline anda harus bisa mengenalkan situs web anda pada dunia. Tidak peduli apakah orang yang membaca iklan anda bisa mengunakan internet atau tidak, mempunyai akses internet atau tidak, punya komputer sendiri atau tidak. Anda cuma perlu menyiapkan senjata dasar, yaitu sebuah press kit, latar belakang perusahaan, press release, gagasan cerita, artikel atau kolom tentang perusahaan anda dan press demonstration.

Press kit biasanya meliputi latar belakang, press release, foto eksklusif produk anda, gagasan cerita, artikel tentang bisnis anda, daftar referensi pelanggan dan hal lain yang dianggap baru oleh mass media. Anda harus punya pandangan bahwa orang-orang di luar sana lebih memerlukan anda dari pada anda memerlukan mereka. Asal, anda memberikan berita yang menarik bagi pembaca.

Berita seperti apa yang menarik? Tentu produk baru dengan harga rendah, informasi dan tips-tips khusus menanggulangi masalah tertentu, dan kenyamanan serta keamanan transaksi. Dan yang lebih menarik lagi jika anda mempunyai produk dan jasa yang unik, berbeda, dan pertama yang pernah ada di komunitas anda.

Selanjutnya, mulailah merencanakan master plan untuk promosi. Jauh sebelum anda launching situs web, sebaiknya fokus pada pesan kunci yang harus diketahui pengunjung tentang situs web dan produk anda. Semakin berharga produk yang anda punya, semakin banyak sorotan yang akan anda dapatkan. Dengan publikasi macam ini anda akan mendapatkan ketenaran melebihi yang dapat dilakukan iklan.

Saya ingin mengingatkan anda lagi bahwa apa yang anda tawarkan pada pengunjung haruslah sesuatu hal yang sedang dibutuhkan oleh mereka. Ya, berikan yang pengunjung inginkan. Nah, sekarang beri tanda centang untuk hal-hal yang bisa anda tawarkan pada pengunjung anda. Jika semua ini ada dalam daftar prioritas anda maka situs web anda akan semakin dicari pengunjung.

----- keamanan
----- kenyamanan
----- kecepatan
----- pelayanan
----- informasi
----- perhatian istimewa
----- produk yang bernilai

Setelah itu...


  • 1. Buatlah daftar tiga item yang bisa menjadi berita heboh untuk memunculkan kepopuleran bagi situs anda.
  • 2. Buatlah press kit untuk perusahaan anda, dan gunakan item yang ada dalam daftar tadi.

Copyright@Formulabisnis

Tidak ada komentar: