Internet dan Pengertiannya

DIGITAL MEDIA PARTNERs http://id-networking.blogspot.com Copyright@2018 All Rights Reserved

Teknologi Internet

Internet dan Pengertiannya

The Most Popular Traffic Exchange
   
     Perkembangan dalam sebuah teknologi sangatlah erat kaitanya dengan internet. Dalam era global sekarang ini kita harus mengetahui apa itu internet ? Pada masa sekarang ini siapa yang tidak tahu tentang internet maka akanlah ketinggalan dengan kecanggihan teknologi yang berkembang. Internet sendiri menjadi kebutuhan setiap orang entah itu instansi ataupun lembaga pemerintahan bahkan menjadi kebutuhan pribadi sebagai suatu media yang dapat membantu pekerjaan kita dan sebagai media belajar bagi mereka yang masih dalam tahap pendidikan.

    Apa itu Internet ? Internet secara umum atau menurut bahasa ialah kumpulan jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem.
Sedang secara khusus pengertian dari internet adalah suatu jaringan komputer terbesar yang ada di dunia karena dapat menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini.
Jaringan itu sendiri adalah cara untuk menghubungkan komputer agar setiap komputer yang ada didalamnya bisa saling berhubungan sehingga dapat berbagi sumber daya.

     Pada tahun 1990 dianggapsebagai tahun yang paling bersejarah dalam dunia internet. Pada waktu itu Tim Barners Lee menemukan program editor serta browser yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain yang membentuk sebuah jaringan. Dan program inilah yang disebut www ( Worl Wide Web ). WWW itu sendiri terdiri dari satu sistem rangkaian yang menjalin komputer diseluruh dunia sehingga dapat menyalurkan informasi dalam bentuk multimedia seperti animasi, suara, gambar, teks serta video.

     Internet merupakan sebuah dunia yang bersifat maya tanpa penguasa. Artinya semua orang punya hak yang sama di internet. Peranan yang sangat penting dalam internet adalah :
     * Sebagai sumber data informasi dan komunikasi.
     * Sebagai sarana Pertukaran data file.
Internet menyimpan berbagai sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Informasi apapun dapat kita akses, bahkan dapat menempatkan informasi di internet supaya bisa diakses oleh oarang lain.

     Dalam era globalisasi sekarang ini internet telah menghilangkan batas - batas dunia. Dan memungkinkan kita mengakses informasi melalui komputer untuk menjangkau berbagai belahan dunia. Sehingga kita dapat berkomunikasi tanpa dibatasi jarak dan waktu.

     Perkembangan teknologi dapat menaikkan kualitas SDM  ( keterampilan dan kecerdasan manusia ), karena memungkinkan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. selain itu membuka kemungkinan meningkatkan intelegensi manusia.

     Para ahli seperti profesor, ahli hukum, administrator dan lain sebagainya dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi yang diperlukan dari komputer. Dan dalam waktu singkat dapat ditampilkan data atau informasi yang diperlukan. Dengan kemajuan teknologi manusia terus berusaha mengadakan eksplorasi menuju antariksa untuk mencari kemungkinan migrasi ke planet lain.

     Pendidikan sekarang ini tidak terlepas dari bantuan teknologi internet sebagai media utama untuk membantu proses belajar dan mengajar dalam lingkungan sekolah dan universitas. Tidak semua poin - poin penting dalam buku dijelaskan secara rinci.
Akses internet yang mudah digunakan banyak orang dalam mengambil sebagian informasi dalam bentuk artikel file PDF, Microsof Word, Power Point sebagai bahan tambahan bagi tenaga pengajar.

     Gaptek dalam teknologi perlu dikurangi dengan adanya perkembangan zaman. Gaptek menjadi masalah utama dalam mengenal berbagai pengertian, benda, istilah dan lain sebagainya.
Dengan adanya internet kita tidak bisa gaptek lagi, karena kita bisa mengakses dan menemukan hal baru yang tidak diketahui sebelumnya.

     Dengan cara memanfaatkan fasilitas internet sebagai media sosial dengan cara melalui Skype, Video Youtube, Yahoo Messenger, Chat Facebook, bahkan secara online bisa bertatap muka dan berbicara secara langsung. Internet sangatlah penting bagi dunia pendidikan dapat memberikan banyak perkembangan dan kemajuan.

     Semoga internet dapat membantu dan berperan penting dalam dunia pendidikan yang nantinya dapat menghasilkan banyak penemuan yang bisa diterpkan dalam membantu perkembangan teknologi di dunia pada umumnya. Maka dari itu manfaatkanlah internet sebagai media yang positif dalam menemukan hal-hal baru dan membawa manfaat bagi semua kehidupan.

Sekian artikel yang dapat saya paparkan tentang kemajuan teknologi internet. Semoga ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian. Salam sukses dan selamat berkarya.

Tidak ada komentar: