Cara Mengatasi Stress

DIGITAL MEDIA PARTNERs http://id-networking.blogspot.com Copyright@2018 All Rights Reserved
Faktor Penyebab Stress


Sebenarnya stress itu apa ?

Stress adalah kondisi psikologis dimana terjadi perbedaan antara keinginan dan kenyataan. Jadi stress merupakan suatu bentuk emosi. Stress terjadi karena apa yang kita inginkan atau harapkan tidak sesuai dengan realita.

Bersifat negatif, biasanya akan membuat penderita stress ini akan makin terpuruk, karena apa yang mereka inginkan tidak menjadi kenyataan. Misalnya bagi yang udah bertahun-tahun skripsi dan tidak kelar-kelar akhirnya malah menjadi malas. Atau yang bertahun-tahun menjomblo, akhirnya putus asa.

Stress dapat terjadi pada siapa saja, karena setiap orang pastinya mempunyai emosi yang tidak stabil alias labil. Stress bisa berbentuk positif dan negatif, yang bersifat positif misalnya dalam lingkungan kerja bagi para profesional, tekanan yang dapat berupa beban kerja yang berat serta tenggat waktu yang mepet dipandang sebagai tantangan positif yang dapat menaikan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan dari pekerjaan mereka.

Apa yang menyebabkan stress itu? Faktor-faktor yang menyebabkan stress dapat di bagi menjadi dua faktor, yaitu faktor psikologis/ pribadi dan faktor sosial/ lingkungan.

Stress itu bukan seperti sakit kepala yang kalo di obati dengan obat sakit kepala akan sembuh. Stress itu sebuah kondisi psikologis, yang artinya obatnya ada pada diri kita sendiri.

Faktor pribadi 

Stress terjadi dapat terjadi di dalam pemikiran kita saja, jadi terkadang apa yang ada di pikiran kita dapat membuat stress kita sendiri.
Faktor pribadi yang menyebabkan stress lainnya adalah kehilangan harta atau jabatan atau kematian. Selain itu faktor kematian atau ditinggal pergi oleh orang yang sangat kita sayangi juga bisa menyebabkan stress.

Faktor Sosial
 
Banyak sekali faktor-faktor sosial yang bisa menimbulkan stress. Setelah kita tahu tentang faktor-faktor apa saja yang dapat menimbulkan strees, akibat apa saja yang bisa ditimbulkan stress ini?

Stress itu dapat bersifat positif dan negatif tergantung bagaimana kita menyikapinya. Stress dapat mengakibatkan gangguan emosional pada diri kita, orang yang stress biasanya akan berubah menjadi agresif atau mudah marah, bahkan ada juga yang berubah menjadi pendiam. Hal itu disebabkan karena banyaknya beban yang terlalu berat dalam pikiran sehingga dapat merubah kondisi kejiwaan seseorang, dan akhirnya menjadi gila.

Stress juga berakibat pada kesehatan. Bagi orang penderita maag, biasanya kalo stress, penyakit maagnya tersebut akan mudah kambuh. Hal ini disebabkan karena jika pikiran kita terlalu banyak beban, maka akan meningkatkan produksi asam lambung di dalam tubuh. Dengan meningkatnya asam lambung tersebut maka tentu saja resiko terkena maag semakin besar. Dan kalo sudah akut maka sebaiknya segera hindari deh stress.

Orang yang stress bisa juga melampiaskan emosinya dengan makan atau ngemil dengan tidak terkontrol, misalnya makan 6 piring sekaligus, sehingga akan meningkatkan resiko obesitas. Ada juga orang yang melampiaskan stressnya dengan belanja atau menjadi shoppaholic, hal ini malah akan menimbulkan stress lagi karena akan membuat tagihan kartu kredit membengkak dan uang Anda habis tiba-tiba. 

Lalu bagaimana cara mengobati stress? 

Dengarkan musik

Jangan ragukan kekuatan dari music. Musik kadang dapat membuat kita menjadi rileks dan santai, apalagi jika lagu-lagu yang di sukai. Malah akan lebih baik jika kita ikutan bernyanyi atau berkaraoke bersama-sama teman . Hal ini akan membuat Anda tambah rileks dan melupakan masalah Anda. 

Ceritakan masalah Anda

Menceritakan masalah-masalah Anda dengan orang-orang terdekat juga bisa mengurangi stress. Dengan curhat dengan teman atau pacar pasti sebagian dari masalah Anda akan berkurang. Selain itu teman Anda pasti juga bakal ngasih solusi tentang masalah Anda itu. Jadi jika ada masalah jangan takut untuk cerita dengan orang-orang terdekat. 

Pijat

Mintalah temen atau keluarga Anda untuk memijat bahu dan leher Anda untuk sejenak. Karena dengan di pijat, Anda akan menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan kemampuan terapi pijat untuk mengusir stres berasal dari pengaruh biokimia tubuh yang berubah setelah mendapat sentuhan tangan. Dalam rangkaian studi yang dilakukan terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres ditemukan hormon stres mereka berkurang hingga 53%. 

Porsi makan yang tepat

Banyak orang-orang yang stress di luar sana yang jika stress maka nafsu makannya akan menjadi brutal, yang sampai-sampai lupa fungsi gigi itu apa. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Makan dengan porsi yang tepat akan membuat tubuh tetap terjaga staminanya, sehingga saat stress tubuh Anda akan tetap mendapat zat-zat yang diperlukan tubuh. Misalnya aja kulit manggis yang di klaim bisa mengurangi stress. 

Lakukan hal-hal yang elo sukai

Melakukan hal-hal yang disukai bisa terbukti menghilangkan stress. Karena saat melakukan hal-hal yang Anda sukai tentu saja Anda akan merasa senang, dan bisa melupakan masalah-masalah Anda. Misalnya kalo Anda hobi Tour guna melihat pemandangan alam, lakukanlah hal-hal tersebut, karena pasti Anda bakal melupakan sejenak masalah Anda.

Sekian dulu tips-tips tentang cara mengobati stress. Stress seringkali di sebut-sebut sebagai sesuatu yang negatif atau buruk. Setiap orang memerlukan sebuah tekanan atau beban dalam hidupnya untuk hidup yang lebih baik.

Tidak ada komentar: