Cara Meningkatkan Relasi Online

DIGITAL MEDIA PARTNERs http://id-networking.blogspot.com Copyright@2018 All Rights Reserved

Menembus Batas Online Marketing



Bab 5: Anda Punya Relasi Online Lebih Banyak Dari Yang Anda Kira

Untuk meningkatkan kemampuan internet marketing anda perlu menjalin hubungan dengan sebanyak mungkin orang. Karena teman adalah aset paling potensial di dunia maya. Sebagian besar dari mereka akan membantu bisnis anda, bahkan ingin menjadi team anda. Tapi mereka juga ingin anda membantu mereka. Terutama jika anda menukar link dengan rekan-rekan anda.

Bentuk join venture (kemitraan) dapat membuat banyak pengunjung bertandang ke situs web anda. Mereka datang bukan karena uang yang anda investasikan tetapi lebih karena teman anda telah merekomendasikan anda.

Dan untuk menemukan partner bisnis yang cocok anda memang wajib bertukar link. Agar tercipta hubungan simbiosis mutualisme. Hubungan saling menguntungkan akan membawa semakin banyak pengunjung ke situs web anda. Ya, karena tidak ada orang yang mau melakukan sesuatu secara cuma-cuma. Dan, menjalin kerja sama tidak akan serumit yang anda bayangkan. Kapanpun anda menemukan mitra bisnis, anda tidak harus
terjebak dalam kesepakatan jangka panjang. Anda bisa terapkan masa uji coba untuk menjajal peruntungan kerja sama anda dengan mitra anda itu.

Bentuk kerja sama yang lain bisa terjadi dalam bentuk tukar-menukar banner. Jadi anda menaruh banner mitra anda di situs web anda dan sebaliknya banner anda dipasang di situs web lain.

Atau, anda bisa menggunakan cara lain. Mudah saja caranya. Cobalah mengakses search engine favorite anda. Carilah nama partner yang potensial. Lalu pertimbangkan komunitas anda sendiri. Kunjungi daftar lokal dan cantumkan nama anda. Peluang seperti ini bisa membuat bisnis anda maju pesat. Selain itu, anda sebaiknya menggunakan software yang dapat melacak asal pengunjung mendatangi situs web anda.

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan bisnis internet anda adalah anda bisa melakukan banyak hal secara gratis. Dunia maya penuh dengan peluang bagi anda untuk membuktikan keberanian anda dalam menginvestasikan waktu, energi, dan imaginasi. Dalam sejarah dunia bisnis, tidak ada bisnis yang begitu ramah bagi semua orang selayaknya bisnis internet. Ya, karena anda bisa memulainya tanpa modal yang besar untuk mencapai impian anda.

Bahkan saat anda berpartisipasi dalam forum, chat room, dan newsgroup anda pun tidak perlu biaya. Peluang iklan kolom juga menanti anda, dan banyak diantaranya yang gratis. Ingat, semuanya gratis! Selain itu anda masih bisa menggunakan email gratis untuk menghubungi relasi online dan pelanggan anda.

Dan anda masih bisa menawarkan kenyamanan 24 jam sehari, 365 hari setahun hanya dengan meng-klik mouse dan menyediakan layanan cepat pada pelanggan anda.

Lalu, apa lagi yang gratis? Benar... Menulis dan menyebarkan press realease secara online sama sekali tidak memerlukan biaya. Bahkan blog pun hampir gratis. Testimoni yang akan anda display di situs web anda pun tidak membutuhkan biaya. Dan riset yang anda lakukan untuk mencari data di internet juga gratis.

Jadi, jangan pernah lupa. Satu-satunya media yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk mengembangkan usaha hanya ada dalam dunia maya (internet).

Copyright@Formulabisnis

Tidak ada komentar: