Cara Meraih Peluang Bisnis

DIGITAL MEDIA PARTNERs http://id-networking.blogspot.com Copyright@2018 All Rights Reserved

  Menembus Batas Online Marketing 



Bab 6: Kekuatan dan Keterbatasan Online Marketing

Bisnis internet masih dipandang sebelah mata oleh banyak pebisnis. Apalagi di Indonesia. Masih banyak yang meragukan keberhasilan bisnis ini. Meskipun ada yang percaya dengan prospek bisnis internet, mereka hanya percaya pada satu aspek. Yaitu internet marketing sebagai mesin pendapatan otomatis. Hal itu menyebabkan banyak orang membuat situs web dan mempunyai alamat email. Kemudian duduk santai dan berharap orang-orang menemukan mereka dan membeli apa yang mereka jual. Itu saja yang mereka lakukan untuk bisnis mereka. Dan tahukah anda kalau pemahaman seperti ini adalah salah besar?

Memang internet adalah teknologi yang harus kita yakini kehebatannya. Tapi, anda harus tahu...

Bisnis internet sangatlah berberbeda dengan bisnis yang pernah anda jalankan sebelumnya. Anda tidak cuma harus tahu kegunaan search engine, tetapi anda juga harus isa mengambil keuntungan darinya. Selain itu, anda pun harus terus berhubungan dengan segala hal yang menguntungkan anda setiap hari. Jangan lupa, segala yang berhubungan dengan internet itu terus mengalamai perkembangan. Sedikit saja anda tertinggal, maka
bisnis anda akan ketinggalan jaman. Pesaing anda pun terus menguntit bisnis anda. Sekali mereka sadar anda tertinggal, mereka akan melibas anda.

Salah satu kunci suksesnya adalah dengan tindakan yang cepat dan janji yang tepat.

Percayalah, dengan dua hal ini anda akan mendapat peluang subur menuju kesuksesan.

Anda harus bergerak jika anda ingin orang lain bergerak kearah anda. Dekati mereka jika anda ingin mereka mendekati anda. Maka perlu adanya kecepatan dalam berpikir dan bertindak. Segalanya mudah berubah. Jangan tunggu kesuksesan menghampiri anda, tapi anda harus mengejarnya. Bergeraklah cepat!

Perkembangan bisnis internet memang tidak sepopuler bisnis offline dalam hal kasat mata. Masalahnya, bisnis internet memang tidak kasat mata. Orang lain tidak bisa melihat jumlah kesuksesan yang sudah anda raih dengan berbisnis internet. Mereka tidak bisa percaya kecuali mereka melihat tumpukan uang di rekening anda.

Kalau boleh saya katakan, bisnis internet adalah bisnis misterius yang tidak semua orang bisa melihatnya. Saya dulu juga tidak bisa melihat keberadaan bisnis ini sampai saya benar-benar yakin untuk terjun total menggelutinya. Begitu juga jika anda ingin orang lain bergabung dengan bisnis internet. Mungkin hanya segelintir orang saja yang percaya pada anda. Tapi, anda tidak perlu bersusah payah meyakinkan mereka. Yang perlu anda lakukan hanyalah terus mengkuti perkembangan teknologi, terus menyediakan informasi terdepan bagi pengunjung situs web anda, dan terus membuat konten yang mempesona.

Selanjutnya, anda akan membuat mereka bungkam setelah melihat situs web anda yang cemerlang!

Tapi, memang tidak bisa dipungkiri, bisnis internet memiliki banyak kesamaan dengan bisnis offline. Misalnya, anda harus memiliki target yang jelas, bersikap agresif, sabar, dan banyak berhubungan dengan orang lain. Selain itu, anda pun harus bersikap konsisten dan memunculkan etika serta kepribadian dalam bisnis anda. Karena, hal itulah yang akan membedakan anda dengan para pesaing anda.

Yang jauh berbeda dari bisnis offline, anda harus terus berkonsentrasi penuh, selalu ingin tahu, dan menyegarkan ide-ide anda setiap saat. Kenapa? Ya, agar apa yang anda kerjakan selalu up to date, tidak ketinggalan jaman. Cuma itu kuncinya. Mudah bukan?

Anda tidak perlu banyak biaya untuk mencapai sukses. Hanya keuletan dan kerja keras! Semua pebisnis internet yang telah berada di puncak sukses pasti selalu mengarahkan anda untuk terus bekerja keras. Anda siap bekerja keras? Jika tidak, impian anda hanya akan berakhir sebagai mimpi belaka. Di sini, di bisnis internet, anda hanya perlu sedikit uang dan banyak kerja keras. Tidak ada kemalasan yang bisa ditolerir di sini. Bisnis internet memang bidang yang mengagumkan. Tapi, anda tidak dapat menghasilkan apaapa jika anda tidak bertindak apa-apa.

Di tengah himpitan ekonomi seperti sekarang ini, apalagi angka pengangguran yang membludak, bukankah bisnis internet bisa jadi solusi? Anda setuju? Bisnis ini tidak perlu banyak modal. Berbagai kemudahan juga ada di sini. Kita tidak perlu kantor besar untuk memiliki perusahaan besar. Yang anda perlukan hanyalah akses internet. Selesai. Itu saja.

Dan anda bisa menjadi pengusaha internet. Wajar jika banyak orang berbondongbondong melirik bisnis internet. Tapi sayangnya, mereka banyak melakukan kesalahan fatal.

Bagaimana caranya agar anda terhindar dari kesalahan fatal yang biasa terjadi itu? Ini dia jawabnya...

1. Jangan menyepelekan konten. Ini bahaya. Karena jika anda tidak menganggap konten sebagai raja dalam bisnis web anda, maka anda akan mudah tersingkir. Pengunjung tidak suka membuang waktu dengan hal yang tidak menarik dan tidak berguna. Apa yang tidak dimiliki pesaing, anda harus memilikinya. Dan apa yang tidak diberikan pesaing, anda harus memberikannya pada pengunjung. Jadi, semua informasi yang anda berikan adalah barang berharga yang tidak dapat dijumpai di tempat lain.

2. Buat nama domain yang memikat dan mudah diingat. Nama sangat berpengaruh pada respon orang untuk mengunjungi situs web anda.

3. Miliki mentor yang berpengalaman. Anda perlu nasehat seorang pebisnis internet yang lebih senior dari anda. Agar, anda memiliki tempat bertanya setiap kali anda menjumpai kesulitan. Memang benar anda bisa menjalankan semua bisnis anda sendiri. Semua ide juga bisa keluar dari kepala anda sendiri. Tapi, sebagai pemula anda tidak bisa menguasai semua ilmu tentang internet marketing hanya dalam waktu semalam. Anda hanya mampu memelajarinya sedikit demi sedikit. Dan manfaat lain adanya seorang mentor, anda bisa menggunakan pengalaman mentor untuk menjauhkan anda dari kesalahan yang pernah mereka lakukan sewaktu mereka menjadi pebisnis pemula.

4. Perbaiki kesalahan sejak hari pertama. Sejak hari pertama meluncurkan situs web anda harus mendeteksi, ”adakah yang perlu diperbaiki dari situs web ini? Apa lagi yang kurang?”. Ini berarti anda tidak pernah berhenti memasarkan dan mempublikasikan situs web anda. Jika perlu selalu perbaiki konten, atau bahkan perbarui konten anda jika respon yang anda terima dari pengunjung tidak memuaskan. Anggap saja situs web sebagai bayi anda sendiri. Jika ia semakin hari semakin terlihat menggemaskan, maka anda akan merasa senang. Bukankah begitu yang anda rasakan saat anda melihat anak anda tumbuh? Seorang bayi butuh perhatian terus-menerus, apalagi saat mereka masih berumur di bawah satu-dua tahun. Anda perlu waktu dan kesabaran ekstra untuk merawatnya. Ya, kurang lebih begitu pula dengan situs web anda.

5. Maksimalkan bookmarking dan janjikan banyak hal. Bookmarking memudahkan pengunjung untuk kembali mengunjungi situs anda. Untuk mendorong kunjungan yang teratur ini anda harus memanjakan pengunjung dengan janji-janji baru dan menyenangkan. Tapi, anda harus siap kapanpun pengunjung anda menagih janji-janji itu.

6. Pancing respon dengan Blog. Ada jutaan orang yang mengakses internet setiap hari. Atau bahkan ratusan ribu diantaranya mengunjungi situs web anda. Tapi, hanya ada sangat sedikit orang yang mau menyisihkan waktu dan menulis komentar atau merespon situs web anda. Nah, bukankah ini berarti sebuah respon bisa sangat berharga nilainya untuk kemajuan bisnis kita? Maka anda harus selalu menyisihkan waktu untuk membalas respon itu. Jika anda terlalu sibuk, minta orang lain untuk membantu anda. Karena ini bisa jadi satu-satunya komunikasi yang bisa terjalin secara langsung dengan pengunjung anda. Jangan lewatkan perhatian mereka begitu saja.

7. Susun daftar tentang hal-hal baru dan menarik. semua hal yang up to date bisa anda dapatkan di Google atau Yahoo. Pertimbangkan dan catat semua yang anda temukan di sana. Tapi, masih banyak juga search engine lain yang wajib anda kunjungi. Buat saja daftar yang ringkas. Setidaknya maksimal dua atau tiga
paragraph.

8. Bergabung dengan forum diskusi atau chat room. Bergabunglah di komunitaskomunitas manapun yang anda suka. Bangun jaringan dengan sebanyak mungkin teman-teman online. Karena ngobrol di sini tidak memerlukan biaya. Gratis! Anda tidak akan rugi. Malah sebaliknya anda bisa mendapat banyak manfaat dari sana.

Untuk memastikan anda sudah melakukan langkah yang benar dalam berbisnis, pastikan anda sudah melakukan langkah di bawah ini...

----- Saya tahu bahwa konten adalah raja.
----- Saya mempunyai nama domain menarik yang membantu kesuksesan bisnis saya.
----- Saya selalu meminta nasehat dari seorang tentor.
----- Site saya terus melakukan perbaikan situs web setiap minggunya.
----- Saya memaksimalkan bookmarking
----- Saya merespon semua email yang masuk dengan cepat
----- Saya selalu berburu hal-hal baru
----- Saya bergabung dengan forum diskusi dan memberikan solusi atas masalah yang sering diutarakan di forum.

Copyright@Formulabisnis

Tidak ada komentar: