Cara Promosi Melalui Iklan

DIGITAL MEDIA PARTNERs http://id-networking.blogspot.com Copyright@2018 All Rights Reserved

Menembus Batas Online Marketing


Bab 8: Kekuatan Iklan Dalam Bisnis Internet

Sebuah situs web sama seperti sebuah pulau. Hanya promosi yang gencar yang bisa mengenalkan pulau anda ini kepada khalayak umum. Iklan tidak selamanya membuahkan penjualan. Itu benar. Tidak ada jaminan bahwa iklan bisa membuat produk anda laris manis. Tetapi, iklan dapat mengantarkan anda pada sesuatu yang jauh lebih dari sekadar penjualan. Ya, iklan bisa mengarahkan semakin banyak orang untuk mengunjungi situs web anda. Setidaknya, pengunjung jadi lebih akrab dengan situs web anda. Iklan mampu
membuat orang penasaran tentang apa dan bagaimana situs web anda. Dan bukankah yang paling penting anda mampu mengarahkan sebanyak mungkin traffic? Karena penjualan bisa terjadi setelah pengunjung benar-benar tertarik dengan situs web anda.

Benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Buat pengunjung mengenal situs web anda terlebih dahulu baru mereka akan menyayangi anda, yaitu membeli produk anda.

Ya, iklan adalah langkah pertama yang harus anda lakukan dalam pemasaran produk. Mengapa? Karena iklan mengundang interaksi dengan calon pengunjung dan pelanggan.

Artinya, iklan dapat memotivasi orang-orang untuk datang kepada anda.

Bisnis internet memberi banyak kemudahan dibanding bisnis offline. Kapanpun pengunjung ingin berbelanja, mereka tinggal klik dan membuka situs web. Mereka tidak perlu berkeliling toko atau mall untuk memilih barang. Karena semua sudah ada di depan mata mereka di dalam rumah sendiri. Tak perlu bepergian untuk membeli apa yang mereka butuhkan. Itulah kenapa pertimbangan hemat waktu dan tenaga menjadi pilihan
utama untuk bisnis jual beli di masa depan.

Jadi, buatlah iklan yang pendek, ringkas, dan langsung menuju sasaran. Dan buatlah iklan yang menarik. Mengapa? Begini jelasnya...

Iklan adalah serangkaian metode yang dirancang untuk mengubah perilaku dan pendapat manusia. Dengan iklan anda bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli produk atau jasa anda. Iklan mampu mengalihkan perhatian manusia dan menimbulkan rasa ingin tahu.

Ada yang berpendapat iklan justru banyak dibenci orang karena ia sering mengganggu konsentrasi. Kita sebut saja ini sebagai interruption marketing. Artinya iklan menyela orang yang sedang membaca koran, menonton acara TV, atau mendengarkan radio. Tapi, sesungguhnya, interruption marketing ini penting. Karena inilah langkah pertama untuk mendapatkan ijin dari orang-orang tadi untuk menerima materi marketing anda.

Semakin internet tumbuh besar, semakin penting peranan iklan dan semakin besar kekuatannya. Pemasang iklan tidak boleh terlalu berharap bahwa setelah memasang iklan orang-orang segera membeli produk mereka. Ini salah. Karena iklan hanya bertugas mengubah sikap apatis seseorang menjadi penasaran dengan informasi di situs web anda.

Selanjutnya yang bertugas meyakinkan pengunjung untuk membeli produk adalah situs web anda. Iklan hanya berkewajiban menarik pengunjung datang ke situs web. Itu saja. Untuk membuat iklan yang memikat, sebaiknya anda pelajari iklan yang beredar di mediamedia online. Pahami bagaimana tanggapan orang setelah melihat iklan-iklan tersebut.
Dan tanyakan apakah iklan seperti ini mampu menarik pengunjung? Mampu membuat pengunjung penasaran?

Tidak ada komentar: